Selasa, 20 Januari 2009

Nyanyian Wudlu..

Adalah kewajiban umat islam kalo akan menjalankan Sholat lebih dahulu harus ber wudlu.
Rasulullah bersabda : "Barangsiapa berwudhu dengan membaguskan wudhunya, maka keluarlah dosa-dosanya dari kulitnya sampai dari kuku jari-jemarinya". (HR. Muslim).
Rasulullah bersabda, "Sungguh ummatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudhunya, (Abu Hurairah menambahkan) maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah." (HR. Bukhari dan Muslim).

Begitu pentingnya berwudu, maka berwudu harus mengikuti segala adabnya..
Nah karena anak-anak masih belum hafal berwudlu untuk mengajarkannya seringkali Ibu harus sambil nyanyi...
Bagi Abel acara wudlu seringkali jadi bahan ejekan kakaknya, memang secara rukun Alif alhamdulillah wudlunya sudah bener. Sering Alif bilang.."ye.. abel wudunya salah tuh... urutannya gak bener..!!!" kalo udah begitu adiknya selalu marah-marah. "kan Abel masih TK ya.. jadi masih boleh salah...??" mencoba mencari pembenaran diri. Oh ya Abel sekarang masih TK kecil di TK Islam Al Hidayah di Bintara. Untung saja Ibu punya VCD lagu-lagu anak yang memberi arahan rukun wudlu... Jadinya Abel kalo mau wudlu sambil nyanyi ato yang mendampingi sambil nyanyi.. Inilah syair lagunya..

cuci dua tangan dan berkumurlah..

bersihkan hidung cuci mukamu...

cuci tangan kanan... cuci tangan kiri...

basuhlah rambut.. telinga... lalu kaki...

kalo udah sambil nyanyi acara wudlu jadi gampang deh.. Nah lagu itu pula yang di pake Ibu buat ngajarin Naura yang belum berusia dua tahun untuk latihan berwudlu... Alhamdulillah naura paling seneng kalo disuruh wudlu... walaupun mungkin senengnya karena sambil maen air...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar